premiere-league-code

Hanya 4 Tim yang Tampil pada Final Liga Champions di Stadion Sendiri

Liga-Champion1
Banyak tim besar Eropa diberi kesempatan untuk menjadi tuan rumah penyelnggaraan Final Liga Champions, namun tidak semuanya berhasil lolos ke partai puncak. Bahkan tercatat hanya ada 4 tim saja yang berhasil tampil di final Liga Champions di kandang mereka sendiri sejak ajang Liga Champions ini bergulir tahun 1956. Bayern Muenchen adalah tim keempat yang bisa melakukan hal tersebut pada tahun 2012.

Selain Bayern Muenchen, ada tiga tim lain yang sudah lebih dulu merasakan tampil di laga final Liga Champions di kandang mereka sendiri, mereka adalah Real Madrid, Inter Milan dan AS Roma.

Madrid melakukannya pada final musim 1956/1957, ketika masih berformat Piala Champions. Ketika itu, El Real sukses mereguk kemenangan 2-0 atas Fiorentina di Santiago Bernabeu.

Delapan tahun berselang, yakni pada musim 1964/1965, giliran Inter yang tampil di final yang dihelat di Giuseppe Meazza. Lagi-lagi, kemenangan berpihak kepada tuan rumah. La Beneamata yang ketika itu dilatih oleh Helenio Herrera menang 1-0 atas Benfica berkat gol Jair Da Costa.

Roma melakukannya pada musim 1983/1984. Final kala itu dihelat di Stadion Olimpico, Roma. Namun sial bagi I Lupi, mereka takluk 2-4 di tangan Liverpool lewat babak adu penalti.

Tidak berbeda jauh dengan AS Roma, Bayern Muenchen juga mengalami nasib yang sama. Saat final Liga Champions tahun 2012 di gelar di Stadion Allianz Arena, Muenchen justru dipermalukan tamunya, Chelsea. Padahal mereka sangat diunggulkan pada laga tersebut.

banner 468x60