premiere-league-code

Sebelum Jadi Milik Liverpoool, Anfiled Adalah Stadion Kebanggaan Everton FC

stadion-anfield
Liverpool berdiri pada tahun 1892 dan sejarah berdirinya salah satu klub tersukses di Inggris ini sangat berhubungan dengan kepindahan Everton FC dari Anfield. Pada tahun 1892, Komite Everton FC berseteru dengan presiden klub John Houlding yang juga pemilik stadion Anfield. Perseteruan ini dipicu karena John Houlding mengusulkan harga sewa yang lebih tinggi dari £ 100 sampai £ 250 per tahun.

Sebelumnya, Stadion Anfield adalah milik John Orrell, sementara John Houlding yang menjabat sebagai Presiden klub Everton FC adalah penyewa dari Stadion Anfiled tersebut. Namun sejak tahun 1891 John Houlding memutuskan untuk membeli tanah tersebut secara langsung dan setahun berikutnya, pada tahun 1892 langsung mengajukan penawaran harga sewa yang lebih tinggi hingga 150% kepada komite Everton FC. Penawaran yang diajukan John Houlding tersebut tentu saja mengejutkan Komite Everton FC yang tercatat sudah menggunakan stadion Anfield selama 7 tahun.

Akibat dari perseteruan itu, Everton FC akhirnya pindah ke stadion Goodison Park sementara John Houlding memutuskan mendirikan klub baru untuk menempati stadion Anfield.

Klub baru yang didirikan John Houlding sempat diberi nama Everton FC and Athletic Grounds, Ltd., atau diringkas Everton Athletic, namun Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) menolak mengakui ada dua tim bernama Everton. Akhirnya pada bulan Juni 1892, John Houlding memilih nama Liverpool F.C. sebagai nama baru, dan resmi menempati stadion Anfield sampai dengan sekarang

banner 468x60