premiere-league-code

Ini Klub Sepak Bola Pertama dan Tertua Di Dunia

klub-sepak-bola-pertama
Dahulu sebelum berdirinya sebuah klub sepak bola, permainan bola banyak dilakukan dengan cara-cara kotor yang cenderung mengarah pada perkelahian. Namun sejak dibentuknya sebuah klub sepak bola, permainan ini jadi lebih terorganisir dan lebih enak untuk ditonton.

Klub Sepak bola pertama di dunia adalah Sheffield Football Club yang didirikan pada tahun 1857. Klub yang memiliki julukan The Clubs ini masih ada hingga sekarang. Saat ini Sheffield F.C. bermain di Divisi Satu Selatan pada Liga Utara Inggris dan sejak berdirinya Sheffield F.C. belum pernah sekalipun mengikuti kompetisi Liga Premier Inggris.

Awal mula berdirinya klub Sheffield F.C. diprakarsai oleh dua orang pemain Cricket, yaitu Nathanaiel Creswick dan William Prest. Pada saat itu Nathanaiel dan William tidak memiliki kegiatan apa pun sepanjang musim dingin, karena semua pertandingan Cricket ditiadakan. Demi menjaga tubuhnya tetap fit, keduanya lalu sepakat untuk membentuk sebuah klub sepak bola pada tanggal 24 Oktober 1857 dengan nama Sheffield F.C. Klub inilah yang kemudian diakui FIFA sebagai klub sepak bola pertama di Dunia.

“Sheffield FC sebenarnya lebih senang dikenal sebagai klub sepak bola pertama daripada disebut dengan klub sepak bola tertua.”

Klub Sheffield F.C. mulai memperkenalkan sebuah permainan sepak bola modern. Teknik-teknik seperti sundulan kepala, crossbar dan corner adalah inovasi-inovasi yang diperkenalkan mereka. Jika sebelumnya orang bermain bola sering berakhir dengan perkelahian, Sheffield FC mulai menerapkan aturan-aturan tertentu demi terciptanya suasana kondusif dalam permainan sepak bola. Tendangan bebas, pelanggaran serta lemparan kedalam saat bola keluar lapangan adalah beberapa aturan penting yang mereka terapkan dan masih digunakan hingga saat ini.

banner 468x60