premiere-league-code

PSSI Di “Hukum” FIFA, Persipura Jayapura Dibubarkan

persipura-jayapura_bubar
Sanksi yang diberikan FIFA terhadap Indonesia kini sudah ‘menelan’ korban, klub Persipura Jayapura resmi menyatakan diri bubar setelah melihat kisruh yang terjadi pada persepak-bolaan Indonesia kondisinya semakin memburuk. Terutama setelah ditetapkan sanksi serius dari FIFA yang membuat Timnas Indonesia di segala kategori usia dan gender tak dapat terjun di kompetisi Internasional di bawah naungan lembaga AFC maupun FIFA.

Manajemen Persipura Jayapura akhirnya mengambil keputusan untuk membubarkan tim. Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tommy Mano, menerangkan jika keputusan membubarkan Persipura dipicu langkah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang membekukan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI).

Hari ini, jam ini, dan detik ini, Tim Persipura Jayapura kami bubarkan,” kata Tommy Mano didampingi Manajer Persipura Rudi Maswi dan Sekretaris Umum Persipura Rocky Bebena dalam jumpa persnya di Kota Jayapura, Papua, Jumat, 5 Juni 2015.

Semua pemain putus kontrak. Tim ini dibubarkan. Mereka akan kembali jika sanksi PSSI dicabut oleh Menpora dan BOPI,” katanya.

Soal pembubaran Persipura Jayapura, Rudi Maswi mengaku sudah menyampaikan persoalan ini kepada sponsor tim, tapi belum ada jawaban. “Kami juga sudah bicara ke sponsor soal keadaan sepak bola saat ini. Jika sponsor memberi jawaban dan tetap membiayai, maka kami bisa memberikan gaji pemain dan lainnya,” katanya

Pembubaran ini mengakibatkan kontrak para pemain secara otomatis dihentikan. Begitu pula dengan para pemain asing yang akan dipulangkan ke negara masing-masing.

“Kami juga tidak akan bermain pada liga di luar bentukan PSSI. Masalah nanti ada pemain yang akan bermain pada liga bentukan Tim Transisi ataupun liga lainnya, itu bukan tanggung jawab kami. Hari ini Persipura resmi dibubarkan,” tegas pria yang juga menjabat sebagai Wali Kota Jayapura itu.

banner 468x60